Minggu, 16 Januari 2011

Bayam Kuah Tom Yum

Menu berikut ini aku sandingkan #halah, kok kayak pengantin? Xixi# dengan Mie Goreng Ebi…..
Beberapa bulan lalu, aku pernah masak menu satu ini, baru aku jepret tapi belum sempet kuposting resepnya. Nah, kebetulan aja siang ini aku kok kangen pingin makan Bayam Kuah Tom Yum lagi, terbayang – bayang rasanya yang seger menggoda #sluuuuuuurp !
Resepnya aku peroleh dari tabloid Saji bonus edisi 186/ tahun VII/ 4 – 10 Agustus 2010. Tentunya tetap aku modifikasi, kusesuaikan dengan ketersediaan bahan dan selera nusantara ehhhhh selera keluarga !
Ingin ikut mencoba ?
 Hiyukkkk mariiiii……..

BAYAM KUAH TOM YUM
Bahan :
  •             2 ikat (200 gr) bayam, petiki
  •     150 gr udang, kupas kulitnya dan belah punggungnya
  •     50 gr jamur merang segar, masing – masing belah dua.  (aku skip)
  •     2 batang serai, memarkan
  •     5 lembar daun jeruk
  •     1 sdm kecap ikan
  •     10 buah cabe rawit merah, memarkan pangkalnya
  •     1 sdt daun ketumbar cincang
  •     1 sdm minyak goreng untuk menumis
  •     4 sdt garam (sesuai selera)
  •     2 sdt gula pasir (sesuai selera)
  •     1.500 kaldu udang (atau air biasa)
  •     1 ½ sdm air jeruk nipis


Bumbu Halus :
  • 3 buah cabe merah
  •  2 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi, goreng (aku ganti dengan 1 sdm ebi, rendam air panas, tiriskan, sangrai lalu tumbuk)
  • 3 butir kemiri, sangrai


Cara Membuat :
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai dan daun jeruk. Tambahkan air (kaldu udang). Masukkan udang, jamur merang, kecap ikan, garam dan gula pasir. Aduk rata. Masak hingga matang.
  • Menjelang diangkat, masukkan bayam, daun ketumbar, cabe rawit dan air jeruk nipis. Tes rasa. Angkat dan sajikan.

2 komentar:

Hanamichi mengatakan...

kalo buat anak2.. kira2 kalo g dikasih cabe enak g ya?

tq resepnya.. sangat membantu.. soalnya mo bikin sayur bayem.. eh.. cari cari temu kunci g ada yang jual.. sepertinya ini boleh dicoba

Fifi Carmelia mengatakan...

Halo Mas Irawan :) Maaf baru balas....
sudah dicoba belum resepnya ? semoga anak2 suka........ :-)