Selasa, 06 September 2011

Hotpot Tofu

Resep berikut kudapat dari detikfood. Silakan deh klik disini, untuk melihat resep versi aslinya sekaligus membandingkan dengan versi yang kubuat.....hihihihihi....hasilnya jauuuuh lebih menarik versi asli dari detikfood kan pastinya ? hihihi....harap maklum deh User, aku  kan masih dalam tahap belajar memasak...hihihi

Berikut kushare resepnya, dengan sedikit kumodif, kusesuaikan dengan ketersediaan bahan dan selera keluarga. Aku meniadakan pemakaian daging ayam karena pas ga punya sedikitpun daging ayam tersisa di lemari es #memelas banget ya...hihihi....Dan untuk jamur, aku memakai jamur shitake. kebetulan habis jalan2 ke supermarket, kok nemu sekotak jamur shitake yang besar2, menggoda banget untuk dibeli.....ya udah, akhirnya jamur inilah yang "nyemplung" ke dalam kuah hotpot tofu. Yummy ! Untuk kuah, sengaja tidak kupakaikan larutan tepung maizena karena keluargaku tidak suka kuah yang kental.
Monggo deh silakan dicoba juga resepnya........ ;)

HOT POT TOFU
Bahan :
  • 1 buah egg tofu, potong2, goreng kering
Kuah :
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 100 gr daging ayam, potong kasar (aku skip)
  • 250 ml air
  • 50 gr wortel, iris serong tipis
  • 6 jamur merang, belah dua (aku memakai jamur shitake)
  • 50 gr kapri, bersihkan, buang seratnya
  • 1 batang daun bawang, iris kasar
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • Merica bubuk, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  •  1 sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air (aku skip)
Cara Membuat :

Kuah :
  • Tumis bawang putih hingga wangi
  • Tambahkan daging ayam, aduk hingga kaku
  • Masukkan air dan sayuran, didihkan
  • Tambahkan bumbu dan tofu goreng. Didihkan hingga sayuran layu
  • Tuangi larutan kanji, aduk hingga mendidih
  • Angkat, sajikan hangat
  

Tidak ada komentar: