Minggu, 17 Juli 2011

Ubi Jagung Saus Putih

Beberapa hari lalu, aku mampir berkunjung ke Masuk Dapur. Kangen juga udah lama ga blogwalking ke sana. :D Senang intip2 blog tersebut karena pemilik blognya yaitu Mba Hes, orangnya ramah dan hangat selain tentu saja resep dan review yang tercantum di blog tersebut OKE punya ;)

Salah satunya yang kulihat adalah resep Jagung Manis Balut Vla.

CLEGUK ! Mendadak aku jadi kepingin ikutan nyoba resepnya…… ahahaha…..Kebetulan, udah lama sekali aku ga bikin kudapan manis seperti ini yang pastinya nikmat disantap sore hari setelah bangun tidur siang…. Ahahahaha….. indahnyaaaaaaaaa dunia :))

Untuk resep dari Mba Hes ini masih aku modifikasi karena aku sesuaikan dengan selera keluarga dan pemanfaatan bahan yang ada di rumah….. hihihihi….. *maaf y Mba Hes, hehehehe……. Kebetulan di rumah sedang ada persediaan ubi putih dan kuning, jadi aku masukkan saja sebagai teman si jagung manis :))
Bahan
  • 3 buah jagung, pipil
  • 250 gr ubi putih dan ubi kuning, kupas lalu potong2 dadu
  • 250 ml santan dari 1 butir kelapa (atau 250 air matang dicampur dengan 100 ml santan instan)
  • 1 lembar daun pandan
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • 3 sdm maizena larutkan dengan setengah cangkir air matang (berhubung keluargaku kurang menyukai saus yang kental, padahal aku pribadi sangat suka saus creamy seperti buatan Mba Hes, akhirnya aku hanya menggunakan larutan 1 sdm tepung maizena saja, mengikuti selera keluargah)
Cara membuat:
  1. Rebus jagung bersama ubi dengan air, garam dan 2 lembar daun pandan hingga matang, tiriskan.
  2. Rebus santan, daun pandan, gula dan garam sambil diaduk pelan hingga mendidih
  3. Masukkan jagung dan potongan ubi.
  4. Tambahkan larutan maizena
  5. Aduk perlahan hingga adonan mengental
  6. Angkat dan sajikan

Tidak ada komentar: