Kamis, 21 Juli 2011

Kangkung Bumbu Terasi


Kegiatan rutin setiap pagi setelah bangun tidur, adalah mulai berkutat dengan pertanyaan : “masak apa ya hari ini ?” huehehehe……

Jika lagi bingung seperti itu, biasanya aku buka – buka buku resep  untuk ngebantu memunculkan si “ing si pi ra si” *halah…hihihi

Seperti pagi tadi….

Tiba – tiba aja tanpa sengaja ngebaca menu berikut yang aku dapat dari buku resep : 105 Resep Sedap Hidangan Sehari – hari FOOD COMBINING, Makan Enak Untuk Langsing dan Sehat, Oleh : Wied Harry Apriadji.

Beberapa hari ini memang belum ketemu sama si “kangkung”, jadi pingin aja makan dengan sayuran hijau ini. Membaca dari bumbu – bumbunya, agak berbeda sedikit dari bumbu tumis kangkung biasa. Tentunya terasa lebih istimewa karena ada penambahan terasi dan ebi. Sudah kebayang deh….pasti gurih banget ! hmmmmm…..

Langsung yuk kita buat ;) Tentunya, ada beberapa bagian yang aku modif sedikit, supaya lebih pas aja dengan selerah keluargah :)

KANGKUNG BUMBU TERASI
Bahan :
  • 600 gr kangkung cabut/ kangkung cina sudah dibersihkan (aku memakai kangkung cina)
  • 2 sdm minyak goreng, untuk menumis
  • 2 buah cabe merah teropong, buang biji, iris halus memanjang
  • ½ sdt minyak wijen 
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Kecap asin (secukupnya)
  • Merica bubuk (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • 200 ml air (resep asli ga pakai)


Bumbu halus :
  • 2 sdt ebi, rendam dalam air mendidih hingga empuk, tiriskan (aku sangrai dulu)
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah cabe merah keriting (aku pakai 5 buah,  )
  • 2 cm jahe (tidak aku haluskan, tapi aku memarkan saja)
  • 1 sdt terasi goreng


Cara Membuat :
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dan cabe merah hingga harum. Bubuhi minyak wijen, gula pasir dan kecap asin. Aduk rata.
  • Masukkan kangkung, tambahkan air,  besarkan api. Aduk rata. Bubuhi merica bubuk dan garam. Masak hingga kangkung agak layu, angkat. Sajikan selagi panas.


Tidak ada komentar: