Jumat, 22 Juli 2011

Kwetiau Goreng Hongkong (Minimalis)


Alasan aku membuat hidangan ini adalah karena aku kangen hubby yang kebetulan lagi studi dan bekerja berbeda kota denganku. ;(


Lantas, apa hubungan rasa rindu dengan memasak kwetiau?????

Hehehe...simpel aja kok ! Karena kwetiau goreng ini adalah salah satu hidangan favorit suamiku.

Selesai aku memasak hidangan ini, tentu saja,  yang ada bukannya rasa kangen terobati, malah hampa karena ga ada hubby yang biasanya sudah tak sabar menunggu di meja makan, menanti hantaran piring yang berisi salah satu hidangan favoritnya ini ;) hehehe....

Jadi, siang hari ini, aku makan sendiri saja kwetiau goreng ini sambil membayangkan seolah hubby makan bersama di sampingku sembari bercerita tentang segala hal.........*nelangsa*

Oya, sebelum kumenyantap hidangan ini, aku sempatkan untuk memotretnya dan kukirimkan ke hubby lewat MMS sambil kuselipkan kalimat : ”Sayang, aku kangen kamu !”

Balasannya ? ”........... aku juga kangen istriku & jadi kepingin makan kwetiau buatan istriku”..... aihh..aihhhhh..... #melambung terbang deh....hihihihi


Oya...Untuk resep,aku ambil dari buku Seri Usaha Boga : Kwetiau Dengan Berbagai Variasi karangan Ibu Sisca Susanto. Resep asli berjudul : Kwetiau Goreng Hongkong.....Nah, berhubung ga ada hubby, jadi bahannya banyaaaaaak yang aku skip, kusesuaikan dengan stok yang ada di rumah. (baca : lagi minim bahan! xixixi)...maka jadi deh dengan semena -mena aku ubah judul resep menjadi : Kwetiau Goreng Hongkong (Minimalis). 

KWETIAU GORENG HONGKONG (Minimalis)

Bahan :
400 gr kwetiau basah, siram dengan air panas

Saus : (campur jadi satu)
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt minyak wijen
  • 4 sdm kecap manis
  • ½ sdt merica bubuk

Pelengkap : 
  • 100 gr udang, kupas kulitnya (aku skip karena ga ada)
  • 150 gr dada ayam fillet, potong – potong (aku skip juga)
  • 1 buah wortel, kupas, serut
  • 50 gr taoge, buang akarnya (aku skip juga)
  • 50 gr sawi putih, iris tipis (aku skip juga)
  • 100 gr ati ampela ayam, rebus dulu lalu buang airnya dan goreng hingga matang, lalu potong – potong.

Taburan :
  • 50 gr selada bokor, iris tipis (aku skip)
  • 1 bh paprika merah kecil, iris tipis (aku skip)
  • 1 sdt wijen sangrai (aku skip juga)

Bumbu :
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 1 bh bawang bombai, iris halus memanjang
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 2 butir telur, kocok lepas, buat orak – arik
  • 1 batang daun bawang, iris – iris (versi asli ga pakai)

Cara Membuat :
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan ayam, udang atau ati ampela. Aduk rata.
  • Tambahkan campuran saus, aduk rata. Masukkan wortel, sawi, kwetiau, aduk – aduk, masak hingga matang.
  • Terakhir, masukkan taoge, orak – arik telur, daun bawang,  taruh pada piring saji lalu hidangkan dengan taburan.


Hasilnya ?

Sepi..... karena banyak bahan yang aku skip
sesepi diriku tanpa kehadiran hubby *prikitiuuww*


PS : 


Tidak ada komentar: