Senin, 25 Juli 2011

Sup Sawi Ayam




Resep sup berikut, aku modifikasi dari versi resep asli berjudul : Sup Bokcoy Ayam, dari buku 100 Resep Hidangan Organik Sehat & Bergizi, karangan Ibu Tuti Soenardi, (hal. 58).

Aku ganti nama karena kusesuaikan dengan bahan yang aku pakai. Yah, tidak ada bokcoy,  sawi pun jadi kan? Hehe…..

Sup ini segar, pun mudah sekali pembuatannya. Tinggal plang-plung-plang-plung….voila! jadi deh….hehe..
Resep ini sudah kuincar untuk persiapan puasa beberapa saat lagi. Karena selain rasanya segar (pasti di saat puasa kita selalu ingin makan sesuatu yang segar – segar deh kan ? ;), pun membuatnya juga relative simpel kok……
Silakan yuk dicoba…..

Semoga cocok ya ;)

SUP SAWI AYAM
Bahan : 
  • 1 liter kaldu  (aku ambil dari air rebusan dada ayam)
  • 100 gr daging ayam, iris kecil
  • 2 sdm irisan daun bawang (aku pakai 2 batang daun bawang ukuran kecil)
  • 1 sdm minyak, untuk menumis
  • 1 sdm irisan bawang putih (aku pakai 2 siung bawang putih, memarkan lalu cincang halus)
  • 1 iris kecil jahe, memarkan
  • 150 gr sawi, cuci bersih, potong - potong (versi asli memakai bokcoy)
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • ½ sdt minyak wijen (aku skip, karena kurang suka aromanya)
  • 1 sdt kecap ikan (aku skip, kurang suka juga aromanya)
  • 10 gr suun, seduh air hangat, tiriskan

Cara membuat :
  • Tumis dengan minyak, bawang putih, jahe dan daun bawang hingga harum, sisihkan.
  • Rebus kaldu, masukkan daging ayam, tumisan bawang dan jahe.
  • Setelah mendidih, masukkan sawi , beri garam, merica, minyak wijen & kecap ikan (jika pakai) serta suun. Masak sebentar saja, angkat.
  • Sajikan.

Tidak ada komentar: