Selasa, 19 Juli 2011

Margarine Spaghetti



Resep berikut aku dapat dari buku : 100 Resep Masakan Pilihan Ny. Liem, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008. Judul resep asli : Butter Spaghetti. Tapi, berhubung di rumah sedang tidak ada persediaan butter, jadi penggunaan butter aku ganti dengan margarine. That’s why, berubah nama menjadi : Margarine Spaghetti….hehehe

Baiklahhhhh, langsung aja yuk meluncur menuju dapur ;) oh iya…seperti biasa, resepnya ada yang aku modifikasi sesuai dengan ketersediaan bahan yang ada di rumah dan supaya lebih sesuai lagi dengan lidah keluarga  ;)

MARGARINE SPAGHETTI
Bahan :
  • 60 gr mentega unsalted  (aku pakai margarine)
  • 10 gram bawang putih, cincang
  • 30 gr bawang bombai, cincang  
  • 150 gr daging sapi cincang (versi asli memakai 4 ekor udang peci, kupas dan sisakan ekornya)
  • 160 gr spaghetti, rebus dulu dengan air yang ditambahkan 1 sdm minyak sayur
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu bubuk instan rasa ayam (aku skip)
  • Penyedap rasa (aku skip juga)
  • Merica bubuk (secukupnya)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • 1 sdt paprika powder (aku skip, karena ga punya stoknya, hehe)
  • 8 gram peterseli cincang
  • 5 batang daun kucai, iris 2 cm (aku skip)


Cara Membuat :
  • Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan daging cincang / udang, aduk hingga berubah warna.
  • Tambahkan spaghetti, bubuhi garam, kaldu bubuk & penyedap (jika pakai), merica, gula pasir dan bubuk paprika, aduk hingga rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Sesaat akan diangkat, masukkan peterseli cincang dan kucai, aduk.
  • Angkat, tempatkan ke dalam piring saji. Sajikan hangat. 

Tidak ada komentar: