Minggu, 24 Juli 2011

Sup Iga Sapi Kacang Merah



Hari Minggu, adalah hari istimewa karena semua anggota keluarga berkumpul di rumah. (Hiksss, kecuali My Beloved Husband  yang  sedang berada nun jauh di sana…. Hikssss ;(

Untuk itu, pingin juga rasanya menghidangkan sesuatu yang special untuk keluarga tercinta.
Resep berikut yaitu Sup Iga Sapi Kacang Merah, aku modifikasi dari resep di Tabloid Nyata edisi 1 Mei 2010, halaman 28, dengan judul resep asli : Sup Kacang.  Aku ubah namanya, karena aku menggunakan iga sapi sebagai pengganti daging sapi di versi aslinya.  Untuk sup, keluarga kami lebih menyukai daging sapi bertulang karena terasa lebih gurih dan ngaldu kuahnya.  ;) Sebenarnya, iga sapi memiliki kandungan lemak yang cukup banyak sih (kecuali bisa memilih iga dengan sedikit kandungan lemaknya. ;) Tapiii, hehehe....justru  kandungan lemak ini mungkin ya yang bisa membuat kuah sup terasa lebih "nyikmaaat !" ??? hihihihi ..... Ya sudah, asal ga dimakan setiap hari, tetap berpegang pada prinsip : "sekali - sekali", ga papa kan ? hihihihi...

Oya, karena ada kacang merah di dalam sup ini, aku jadi teringat info dan tips cukup menarik berkaitan dengan si Kacang Merah yang pernah aku baca. Silakan klik Wiki Berita, untuk keterangan lebih lengkapnya. Dijamin, Anda pasti akan semakin tergila – gila dengan Kacang Merah…hihihihi ;D

Ayo mari…….kita mangsak – memangsak ;)

SUP IGA SAPI KACANG MERAH
Bahan :
  • 2 siung bawang putih, memarkan, cincang
  • ½ buah bawang bombay, cincang
  • 2 buah wortel, iris bulat
  • 1 buah kentang ukuran besar, potong dadu (versi asli ga pakai kentang)
  • 250 gr iga sapi ( aku rebus dulu dengan panci presto, selama kurleb 45 menit dari sejak panci pertama berdesis). Biarkan dingin, lalu saring lemaknya. hohohoho.......
  • 150 gr kacang merah, rebus hingga lunak (silakan klik Tips Memasak Kacang Merah dari Wiki Berita, karena ada tips informatif di sini)
  • 1500 ml air (aku gunakan air kaldu rebusan iga sapi)
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu bubuk (aku skip)
  • Merica bubuk (secukupnya)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • 3 sdm minyak goreng


Cara Membuat :
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum
  • Sementara itu, didihkan kembali  rebusan iga sapi. Masukkan tumisan bumbu ke dalamnya. Tambahkan wortel dan kentang. Aduk rata. Masak hingga lunak.
  • Tambahkan  kacang merah, garam, gula dan kaldu bubuk (jika pakai). Masak hingga bumbu meresap. Angkat.
  • Sajikan panas dengan taburan bawang merah goreng.

Rasanyo ?
 Hmmmm….istimewa lezatos! #hehe...pede sekali ;P

Tidak ada komentar: