Rabu, 17 November 2010

Sate Kambing Daun Jeruk

Dalam rangka Idul Adha 1431 H ini, aku menyiapkan menu di rumah yang tentu saja beberapa diantaranya berbahan dasar daging sapi / kambing.
Sate Kambing salah satunya.
Resepnya aku dapat dari blognya Dapur Mbakyu, dengan judul asli Sate Kambing Bumbu Kecap. Aku modifikasi sedikit, terutama di bagian teknik pembuatan. Jadi setelah daging dipotong2 dadu, kemudian aku campur aduk dengan bumbu. Setelah rata, lalu aku masukkan ke dalam kulkas dan kudiamkan selama minimal 1 jam (katanya sih, supaya bumbu meresap dengan baik ke dalam daging). Setelah itu baru deh daging ditusuk satu per satu dengan tusuk sate lalu dibakar. *Encep Propesional modeon..hihihihi*

Hasilnya ?
Alhamdulillah MAKNYUS deh! Bumbunya terasa gurih meresap. *kata keluarga aku lhoooo*
Ga percaya ?
Mari deh silakan dicoba resepnya :D
Namanya aku ubah menjadi Sate Kambing Daun Jeruk karena menurutku aroma dari daun jeruknya begitu terasa, menambah kesegaran rasa daging kambing ini.

SATE KAMBING DAUN JERUK
Bahan:
·          750 gr paha kambing, potong dadu 2 cm
·          15 bh tusuk sate yang sudah direndam dalam air

Bumbu:

·         5 lbr daun jeruk, iris halus
·         10 btr bawang merah, iris halus
·         1 sdm merica bubuk
·         100 ml kecap manis
·         2 sdm air jeruk nipis

Pelengkap:
Campur aduk : 
·          50 gr kol, iris halus
·          4 bh tomat, iris tipis
·          6 sdm bawang goreng untuk taburan
·          15 bh cabe rawit, iris halus
·          10 btr bawang merah, tumbuk halus (versi asli diiris halus)
·          5 sdm kecap manis
·          1 sdt merica bubuk
·          2 sdm air jeruk limau

Cara membuatnya:

  • Campur aduk potongan daging dengan bumbu. Setelah rata, simpan di dalam kulkas (minimal 1 jam). Keluarkan.
  • Tusuk setiap tusukan sate dengan 4 - 5 potong daging dan bakar sate dibara api sambil sekali-kali diolesi sisa bumbu. Sajikan sate bersama pelengkapnya.

Tidak ada komentar: