Minggu, 14 November 2010

Lodeh Rebung

Halo Pembaca…..
Mohon maaf nih, beberapa hari ga posting blog karena agak repotJ hehehe…. #sok sibuknya kumat hihi#

Nah, berikut ini aku perkenalkan masakan favorit Papaku tercinta. Resepnya aku dapat dari Mama. Masakan lodeh biasa aja kok…hehehe….cuman memakai rebung

Bila tertarik ingin juga mencoba, silakan disimak resep berikut ini :

LODEH REBUNG

Bahan :
  • Rebung (aku beli di pasar sudah dalam bentuk irisan dan dikemas plastik, aku pakai 1 bungkus saja), cuci bersih lalu rebus hingga matang dan tiriskan.
  • 1 ons daging tetelan (kebetulan kali ini aku ga pakai), cuci bersih, lalu rebus hingga matang dan empuk. Angkat daging lalu iris kecil – kecil.
  • 500 cc santan dari ½ butir kelapa
  • 1 balok tempe, iris – iris bentuk korek api (aku ga pakai karena kebetulan ga ada)
  • 5 buah cabe hijau, iris – iris serong
  • 1 papan pete, kupas
  • 1.500 ml air (air kaldu)

Bumbu (bisa dihaluskan, bisa juga diiris....tapi kalau aku, bumbunya kuhaluskan) :
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah, buang biji
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm ebi, sangrai dulu (bisa juga diganti dengan terasi)
  • ½ sdm gula merah
  • Garam (sesuai selera)

Cara Membuat :
  • Didihkan air / air kaldu. Masukkan bumbu halus/ iris  bersama irisan cabe hijau dan tempe (kalau pakai). Didihkan kembali.
  • Masukkan rebung, irisan daging tetelan dan pete kupas. Tuangi santan kental. Aduk – aduk terus agar santan tidak pecah.
  • Masak terus hingga semuanya matang.
  • Hidangkan.

1 komentar:

Aelitain mengatakan...

bentar, di gambar kok ada kacang panjangnya ya? tapi di resep kok ada? :bingung
trus, rebung 1 plastik itu berapa gram? karena 1 kilo juga 1 plastik, tergantung penjualnya.