Kamis, 04 November 2010

Karedok

Ide membuat karedok tercetus waktu mampir ’’jalan - jalan’’ ke MasukDapur-nya Mba Hes. Hmmm, tergoda gara – gara lihat posting blog karedok ala Mba Hes.

Mumpung pasangan lauknya lagi pas, ya udah deh aku buat karedok ini.

Silakan dilihat resepnya bagi yang ingin mencoba juga ............aku copas dari resepnya Mba Hes, tentunya udah bilang lho ya sama yang punya resep (makasih banyak Mba Hes :-)), dengan sedikit modifikasi supaya lebih pas dengan selera keluargaku :)

Mari silakan disimak.....

KAREDOK

Bahan:
  • 1 buah ketimun, cuci bersih, iris tipis
  • 2 genggam tauge, cuci bersih
  • Kol, cuci bersih, iris halus
  • 20 batang kacang panjang, cuci bersih, potong kecil-kecil
  • 1 ikat daun kemangi, cuci bersih, siangi
  • 3 buah terong sayur, cuci bersih, belah dua, iris tipis

Bumbu kacang:
  • 5 buah cabai merah (versi asli hanya 2 buah)
  • 2 buah cabai rawit (aku skip)
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt terasi matang
  • 2 sdm gula merah sisir
  • 5 sdm kacang tanah, goreng dulu hingga matang
  • 1 sdm cuka masak / air asam (aku pakai air asam)
  • 5 sdm air panas.
  • Bawang merah goreng untuk pelengkap (aku ga pakai)

Cara membuat:
  • Haluskan bumbu, lalu tambahkan cuka atau air asam dan air panas, aduk rata
  • Satukan semua bahan sayur ke dalam wadah (aku memakai baskom)
  • Masukkan bumbu kacang, aduk rata dan tekan – tekan sedikit menggunakan ulekan pada sayuran agar bumbu lebih meresap.
  • Pindahkan ke wadah saji
  • Taburi dengan bawang merah goreng dan sajikan segera.

Tidak ada komentar: