Sabtu, 13 Agustus 2011

Perkedel Misoa







Pembaca, untuk resep satu ini bersumber dari buku 250 Resep Sedap Untuk Hari Istimewa oleh Great! Kitchen. Saat pertama membaca resep perkedel misoa di buku ini, aku tertarik karena sebagai penyuka perkedel (halah), lama –lama bosan juga dengan isian perkedel yang itu – itu lagi (jagung, kentang atau tahu).  Nah, misoa ini ternyata enak juga lho sebagai alternatif bahan isian perkedel. 

Ketika misoa sudah dilumatkan, memang teksturnya tidak sepadat bahan lain seperti kentang, jagung atau tahu. Pada resep digunakan pemakaian tepung terigu, nah mungkin disinilah peran penggunaan tepung terigu untuk sedikit memadatkan / mengenyalkan adonan (kalo aku ngga sotoy lhooo…hehe).  Aku  pribadi, sebenarnya lebih suka tidak menggunakan tepung terigu karena ternyata mengurangi sensasi rasa dari misoa itu sendiri. Next time deh aku coba lagi dengan versi tanpa terigu ;) hehe..penasaran ajaa siiiih…

Berikut resepnya :
PERKEDEL MISOA
Bahan :
  • 1 ikat misoa, seduh
  • 50 gr wortel, serut halus
  • 50 gr kapri, iris halus (aku skip)
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 1/2 sdm tepung terigu (versi asli menggunakan 3 sdm tepung terigu) 
  • 1 butir telur, kocok lepas

Bumbu halus :
  • 1/4 sdt merica (sesuai selera)
  • Garam secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar, kusangrai dulu
Cara membuat :
  • Tiriskan misoa lalu campur dengan bumbu halus
  • Tambahkan wortel, kapri, daun bawang dan tepung terigu. Tuangkan kocokan telur. Aduk rata. Buat adonan bulat kecil.
  • Goreng hingga matang.
  • Sajikan hangat.

Tidak ada komentar: