Senin, 27 September 2010

Muffin Brownies

Lagi pingin bikin camilan favorit nih yaitu : Brownies !
Bentuknya rada divariasi dikit ya.....pake cetakan kue muffin...jadi deh "Muffin Brownies"...hehe

Untuk resep browniesnya, di copy paste dari resep Super-Fudgy Browniesnya Mba Ricke. Tentunya sudah minta ijin lho ya dengan si empunya resep :)
Kalo Pembaca ingin melihat versi aslinya seperti apa, silakan di klik pada tulisan berwarna di atas ya...... :)

Silakan disimak ya.....

MUFFIN BROWNIES

Ingredients/Bahan:

8 tablespoon (sdm) unsalted butter ~ 120 gram
1 cup terigu all purpose (protein sedang) ~ 130 gram
1/4 cup coklat bubuk ~ 30 gram
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
8 ounces dark cooking chocolate, potong-potong ~ 225 gram
1 1/4 cup gula pasir ~ 280 gram
3 butir telur ukuran besar
Kacang almond (secukupnya)

Directions/Cara membuat:
  • Panaskan oven 180'C. Olesi cetakan kue muffin dengan butter / mentega. Alasi cetakan kue muffin dengan kertas roti/paper cup. Jika menggunakan loyang persegi / square pan ukuran 22x22x24 cm, olesi dulu loyang dengan butter. Alasi dengan kertas roti/baking paper, lebihkan atasnya sekitar 3 cm (untuk memudahkan mengeluarkan brownies dari loyang/pan, karena brownies jangan dikeluarkan dengan cara dibalik). Olesi lagi kertas roti/baking paper dengan butter lalu sisihkan.
  • Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
  • Lelehkan butter dan dark cooking chocolate (sebaiknya dengan cara ditim di atas air panas). Aduk rata sampai lembut dan licin. Angkat dari panas api. Masukkan gula pasir. Aduk rata dengan whisker atau mixer kecepatan paling rendah (kalo Calista, ngaduknya pake mixer dengan kecepatan no.1). Masukkan telur. Aduk rata lagi. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan whisker sebentar saja hanya sampai tepung tercampur dan tidak terlihat lagi. Jangan overmix (diaduk berlebihan)!
  • Tuang ke dalam cetakan kue muffin atau loyang persegi. Ratakan permukaannya. Taburi dengan kacang almond. Lalu panggang dalam oven sampai matang (tes tusuk sudah bersih dan hanya ada sedikit butiran yang menempel tapi tidak basah), sekitar 50-60 menit (kalo Calista pake oven tangkring, butuh waktu memanggang sekitar 25-30 menit). Permukaan akan terbentuk 'shiny crust' khas brownies dan bagian tengah sudah kokoh bila ditekan.
  • Keluarkan dari oven. Diamkan dalam cetakan / loyang/pan selama 30 menit. Keluarkan brownies dengan cara mengangkatnya langsung dari cetakan. Namun jika menggunakan loyang persegi, keluarkan brownies dengan cara mengangkat kertas roti/baking paper. Biarkan masih dengan kertas roti/baking paper dinginkan di atas rak kawat (cooling rack) sampai benar-benar dingin. Setelah dingin potong-potong dengan menggunakan pisau tajam yang telah diolesi sedikit minyak (agar saat dipotong tidak lengket dan hasilnya rapi). Bila disimpan dalam toples kedap udara (airtight container) akan tahan 2-3 hari.



Seperti apa rasanya ???
Hmmmmmm yummy !
Kata Mama : "hmmm....garing di luar, basah di dalamnya !"
Kata Sahabat Calista : "yummiiiieeeee.....lezaaaaaat....rasa muffin browniesnya nyoklat bangetz !"


Penasaran kan ???
 Ayo dong Pembaca silakan deh dicoba resepnya....... :-)




Cerita di balik layar :
Pembaca.....niiih ada pengalaman seru.......
Waktu pertama kali membuat brownies ini, sempat gosong juga lhooo dan jadi deh browniesku hitam legam !! hiks.....
Kok bisa ya ? Padahal aku kan udah patuh sama aturan memasaknya.....HIKS lagi :'(
Setelah tanya sana-sini, tentunya dengan Sahabat2 "The Master", akhirnya ditarik kesimpulan bahwa penyebab gosongnya Sang Brownies adalah karena aku tidak buka jendela atas si oven tangkring. Oalaaaaaaah !!
hehehe...maklum deh ovennya masih baru, "encepnya" juga masih norak nih...hihihi....


Nyutty, Sahabatku pun berkata : "hehe ...namanya juga oven baru, jadi masih kenalan dulu tuh..."


Eniwei.........seperti beberapa bulan yang lalu, ketika aku belajar berjalan (lagi)....pasti aku temui kegagalan, ada masa ketika aku terjatuh dan Ouch ! sakiiit !. Tapi apa lantas aku mundur ? Enggaaaak !! kalo mau maju maka aku gak boleh mundur.... Aku bangkit lagi dan kembali belajar berjalan hingga aku bisa betul2 berjalan. YIPPIEEEE !!!!


Begitupun ini.....
Intinya adalah : GAK BOLEH PUTUS ASA :)
Kegagalan adalah bagian dari keberhasilan.
Coba terus, sampe berhasil Calista....SEMANGAT !!!
hehehe....


Nah, makanya ketika aku penasaran dan ingin mencoba lagi sekarang, dengan belajar dari kesalahanku, jendela atas oven tangkring kubuka penuh....lalu setelah waktu memanggang sudah memasuki 20 menit, mulai deh dag-dig-dug gelisah ngintip2 browniesnya, megang permukaannya dengan garpu, atau tes tusuk...hehe..kuatir gosong lagi *jadi parno nih saya...hihihi*:)) dan ketika sepertinya si brownies ini sudah memenuhi kriteria "matang betul", baru deh dikeluarkan dari oven..... hmmmmm, Alhamdulillah kali ini BERHASIL !!dan harumnya.... zzzedaaaap !! Oh La..la....Senangnya hatiku :)

1 komentar:

ai mengatakan...

mauuuuuuuuuuuuuuuu yang iniiiiiiiiiiiiiiii !!!!

tar kalo i datang, sediain yang ini ya, sekalian dikotakin biar bisa dibawa pulang, heuheuheu