Kamis, 28 Oktober 2010

Muffin Keju Chocochips

Jumpa lagi dengan Pembaca J
Alhamdulillah bisa posting lagi dengan suasana yang nyaman walaupun masih juga ketar – ketir setiap kali langit mulai mendung… hehehe…
Maklum, kemarin wilayah tempat tinggalku di Jakarta sempat siaga banjir. Kali di dekat rumah sudah meluapkan airnya hingga mencapai halaman depan rumahku.

Waahh !! Kami sempat panic !!!

Khawatir peristiwa banjir sepinggang seperti kejadian beberapa tahun lalu terulang kembali, kami pun sempat mengungsi semalaman di rumah saudara. Barang – barang pun kami selamatkan, termasuk computer yang biasa aku gunakan untuk nge-blog  ini. Hehehehe…..
Selama beberapa hari kompieku sempat ‘terdampar’ di atas lemari.
Dan baru hari ini, sempat mengembalikannya lagi ke tempat semula*tentunya bukan aku yang memindahkannya* dan memasangkan kembali kabel – kabelnya J
Waaaah udah ga sabar pingin nge-blog lagi !!!!! J hehehe.....

Pembaca yang baik hati, kali ini aku akan posting resep MUFFINS.

Muffins ini aku buat, untuk kubawa ke acara Halal bi Halal & Temu Kangen Sahabat Odapus (Orang Dengan Lupus) pada tanggal 16 Oktober 2010 yang lalu bertempat di rumah salah seorang Sahabat Odapus.

Penjelasan tentang Lupus dan Odapus (Orang Dengan Lupus) , harap tunggu postingku nanti - nanti ya....... hehehe..karena butuh waktu panjang x lebar untuk menjelaskannya, dan saat ini aku masih disibukkan dengan urusan BEBENAH RUMAH pasca mengungsi kemarin *halah alasan ding* hihi..

Ya udah.....

Kita langsung aja yuk beralih menuju resep.

Waktu itu aku buat dua jenis muffin : Muffin Keju Chocochips & Buttermilk Chocolate Muffin.

Resep Muffin Keju Chocochips aku ambil dari blognya Mba Ricke.
Silakan deh klik di sini untuk lihat resep aslinya, yang pasti hasilnya lebih bagus dari  punyaku...hihihi bikin aku minder deh pokoknya. Aku ambil dari resep aslinya berjudul "Muffin Vanilla Chocochips". Kuubah namanya menjadi Muffin Keju Chocochips karena esens vanilla aku ganti dengan (kebetulan ga punya esens itu).

Berikut resepnya : 

MUFFIN KEJU CHOCOCHIPS

Bahan :
  • 200 gr tepung terigu protein sedang (all purpose flour, atau tepung Segitiga Biru)
  • 1 sdm Baking Powder
  • ½ sdt Baking Soda (optional menurut Mba Ricke, tapi tetep kutambahkan karena aku mau muffinku lebih mengembang)
  • 125 gula pasir (lebih bagus pakai gula pasir halus / kastor. Tapi karena ga ada, jadi gula pasirnya aku blender dulu deh)
  • 100 gr margarin (lebih enak lagi memakai butter)
  • ¼ sdt essens vanilla/ pasta vanilla (aku skip karena ga ada)
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 150 ml susu cair tawar
  • 50 gr chocochips (bisa diganti kismis, keju, sesuai selera aja kata Mba Ricke)
  • 50 gr keju cheddar, potong – potong dadu (resep asli ga pakai)

Cara Membuat :
  • Campurkan bahan kering : terigu, gula pasir, baking powder, baking soda, dan keju (atau separuh bagian chocochips). Aduk rata di dalam wadah agak besar.
  • Sementara itu dalam wadah lain, campurkan bahan basahMargarin / butter leleh, essens vanila (kalau pakai), telur dan susu. Aduk. Lalu tuangkan ke campuran bahan kering.
  • Aduk rata bahan kering dan bahan basah dengan whisker / spatula karet. Dalam beberapa kali adukan saja.  Cukup hingga tepungnya moist dan adonan bertekstur lumpy (seperti lumpur).
  • Tuang ke paper cup muffin / atau bluder cup, setinggi ½ cup saja, karena adonan akan mengembang. Taburi atasnya dengan chocochips. Jika menggunakan loyang muffin, jangan lupa untuk mengoleskan dulu loyang muffin tersebut dengan mentega.
  • Oven hingga matang kekuningan. Kurleb 20 – 30 menit (tergantung kondisi masing – masing oven).
  • Lebih lezat disajikan hangat.
Tips dari Mba Ricke :
  • Pada saat mencampur bahan basah dan bahan kering, aduk adonan dg whisker atau spatula karet dalam beberapa adukan saja sampai adonan tepungnya moist dan bertekstur ‘lumpy’ (kayak lumpur). Mungkin akan terlihat adonan tidak halus dan banyak gumpalan-gumpalan, tapi biarkan saja karena ini yg akan membentuk tekstur muffin. PERHATIAN : Jangan diaduk terlalu lama karena akan menyebabkan hasil akhir muffin menjadi keras.
  • Panggang muffin dg suhu oven yg cukup panas (sekitar 180-200 derajat Celcius) agar muffin bisa mengembang dg baik. Jangan lupa utk memanaskan oven selagi kita membuat adonannya ya…
  
Ini lho wujudnya :

Duuuuh minder aku ! Hasilnya ga sebagus buatan Mba Ricke :(
Maklum ya Pembaca, masih belajar nih...hihihi








Tidak ada komentar: