Sabtu, 23 Oktober 2010

Tahu & Tempe Bacem

Beberapa bulan lalu, sebenarnya aku udah pernah ya posting resep ini (untuk perbandingan silakan klik di sini). Nah, kali ini aku posting lagi karena aku dapat lagi sumber resep baru dan sepertinya lebih cocok untuk keluargaku. Berkali – kali aku buatkan untuk keluarga dengan memakai resep ini, Alhamdulillah selalu habis…..bis !
Siapa tahu juga lebih cocok bagi selera Pembaca....that’s why, aku share juga :)

Resep kali ini kudapat dari buku Seri Masak Femina PRIMARASA, Dapur Nusantara edisi  Hidangan Tahu, Tempe & Telur. Dengan sedikit kumodifikasi, takaran gula merah kukurangi lalu pemakaian air kelapa kuganti air biasa supaya tidak terlalu manis hasilnya (keren ya gaya bahasaku….seperti “Encep Propesional!” Uhuyyyy…….).....jadi deh : Tahu & Tempa Bacem kesukaan keluargaku J

Tertarik ?
Mari silakan disimak.........

TAHU TEMPE BACEM
Untuk : 4-6 porsi

Bahan :
  • 400 gr tempe
  • 400 gr tahu putih besar
  • 1.000 ml air kelapa (aku pakai air biasa)
  • 200 gr gula merah, sisir halus (aku pakai 100 gr saja, atau pokoknya sesuai selera aja deh)
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sdm air asam jawa pekat
  • Minyak goreng
  • Cabe rawit untuk pelengkap

Bumbu Halus
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm lengkuas cincang (aku pakai 1 ruas jari lengkuas)
  • 1 sdm ketumbar, disangrai dulu dengan api kecil sambil terus diaduk hingga wanginya keluar. (hati-hati, mudah sekali gosong !)
  • 2 sdt garam (sesuai selera)

Cara Membuat :
  • Potong-potong tempe ukuran 3x4 cm atau sesuai selera. Potong tahu ukuran 6x6 cm (sesuai selera), sisihkan.
  • Larutkan bumbu halus dalam air kelapa / air, tuang dalam wajan. Tambahkan gula merah, daun salam, air asam jawa, tempe dan tahu.
  • Jerang di atas api sedang hingga mendidih. Kecilkan api, tutup wajan, masak terus sambil sesekali dibalik hingga air hampir habis dan bumbu meresap.
  • Masukkan 3 sdm miyak goreng ke dalam wajan, aduk perlahan hingga semua bahan terlumuri minyak, matikan api.
  • Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan di atas api sedang. Goreng tempe dan tahu bacem secara bertahap hingga kuning kecokelatan, angkat, tiriskan. Sajikan dengan cabe rawit sebagai pelengkap.
tukang fotonya gak profesional nih....hihihi.... maaf ya :)


Tempe & tahu bacem ini kuhidangkan sebagai pelengkap nasi pecel empal suwir. Tapi, dimakan sebagai camilan dengan cabe rawit atau dicocol kecap pun enyaak ! 


Tidak ada komentar: