Foods

Minggu, 03 Oktober 2010

Sup Cuciwis Bakso Ikan

Bikin sup ini karena terinspirasi *halah kayak mau ngarang novel aja ya* resep "Sup Bokcoy Ayam" dari buku 100 Resep Hidangan Organik Sehat & Bergizi karangan Ibu Tuti Soenardi.


Maksud terinspirasi di sini adalah ketika lihat - lihat isi kulkas terus bingung mau masak apa...ya udah deh aku buka aja buku hadiah lebaranku dari Abi, sang suami tercintah *makasih Abi sayaaang......cuwit cuwiiit*. Salah satu resep masakan dengan penggunaan bahan - bahan yang paling sesuai dengan stok yang ada di kulkas waktu itu, yaa masakan ini :)

Ya udah akhirnya aku masak aja deh hidangan ini sebagai teman Ayam Bakar Kemiri.... *nyambung ga ya ? nyambung ga nyambung pokoknya harus nyambung ! hihihi maksa.com*

Yuuuukkkkss kita mulai masak aja.... seperti biasa ada beberapa bagian yang kumodifikasi ya....

SUP CUCIWIS BAKSO IKAN
Untuk : 5 porsi

Bahan : 
1 liter kaldu (aku pake air biasa aja)
5 buah bakso ikan, potong - potong (di resep asli pake 100 gr daging ayam, iris kecil)
2 sdm irisan daun bawang
1 sdm minyak, untuk menumis
1 sdm irisan bawang putih
1 iris kecil jahe (aku ga pake)
150 gr cuciwis (resep asli pake bokcoy)
Garam (secukupnya)
Merica bubuk (secukupnya)
1/2 sdt minyak wijen
1 sdt kecap ikan
50 gr sohun, rendam air panas sebentar saja, tiriskan (resep asli pake 10 gr suun, aku pake agak banyak karena Papa paling suka sohun)

Cara Membuat : 
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih, jahe (kalau pakai) dan daun bawang hingga harum, sisihkan.
  • Rebus kaldu (air) hingga mendidih, masukkan bakso ikan (daging ayam), bumbu tumisan dan jahe.
  • Setelah mendidih masukkan cuciwis (bokcoy), beri garam, merica, minyak wijen, kecap ikan dan sohun. Masak sebentar. Tes rasa. Angkat.
  • Sajikan


Tidak ada komentar: