Selasa, 24 Agustus 2010

Ikan Gurame Duo Selera

Ceritanya gini nih Pembaca..........
Suatu hari Mama Calista request minta dimasakkan gurame goreng semur. Akhirnya dibelilah 1 ekor ikan gurame yang lumayan besar. Udah telanjur beli cuma 1 ekor, Papa mendadak minta dibuatkan gurame goreng kering. Nah lho???

Ya udah deh, supaya adil, akhirnya si ikan tetap di goreng kering & tetap dibuatkan kuah semur. Cuma, kuah semur yang mestinya disiramkan ke ikan, disajikan terpisah. Jadi Papa bisa menikmati gurame goreng kering favoritnya, sementara Mama bisa menyantap gurame goreng semur pesanannya.... Duo Selera kan ??? hihihi... *maksa.com*


Oya, sengaja gurame di fillet dagingnya biar tampil dengan gaya baru aja... lagipula supaya lebih mudah saat makan, tinggal tusuk pake garpu dapet deh dagingnya yang tebal, ga perlu lagi rebutan iris2 daging ikannya...hehehe. *padahal lebih seru rebutan ya???*

Nah, untuk resep kuah semurnya didapat dari tabloid Koki edisi 00181, Agustus 2010, diambil dari resep asli berjudul Kakap Goreng Semur. Sementara untuk resep ikan gurame goreng keringnya ini didapat dari hasil investigasi Mama *hihihi...kayak detektif aja ya* waktu makan di beberapa rumah makan yang menyajikan ikan gurame goreng cantik dan bisa kering tidak berminyak. Beberapa waktu lalu, Mama bela - belain nyelinap diam2 ke dapur beberapa rumah makan saking penasaran pingin tau cara goreng ikan bisa kering dan cantik ....hihihi...ternyata ga sia - sia deh hasil investigasi diam2 si Mama..hihihi...Menurut narasumber alias para chef yang bersedia diinterogasi Mama di beberapa rumah makan itu, bawang putih dan ketumbarlah penyebab mengapa gorengan kita bisa berminyak.


Ingin tahu resep lengkapnya?

Yuk mari.......

IKAN GURAME DUO SELERA
Ikan Gurame Goreng Kering (Garing)
Bahan :  (tanpa bawang putih dan ketumbar)
1 ekor gurame utuh, bersihkan
Jeruk nipis 1 buah, ambil airnya
2 sdm air cuka
Garam dan Lada secukupnya
Bumbu penyedap supaya si ikan terasa gurih (versi Calista tanpa bumbu penyedap)
Air untuk merendam

Cara Membuat :
1. Pisahkan ikan gurame dari dagingnya (fillet), potong kotak (badan ikannya jangan dibuang ya....)
2. Lumuri daging fillet dan seluruh sisa badan ikan dengan air jeruk nipis, garam, lada, dan 2 sdm air cuka. Beri air hingga semua badan ikan terendam. Diamkan 30 menit.
3. Panaskan minyak, goreng semua bagian ikan gurame, lebih mudah jika digoreng terpisah antara daging fillet dan badan ikan. Goreng hingga matang dan kering kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
4. Susun di piring saji : Badan ikan kemudian letakkan potongan2 daging fillet di atas badan ikan.

Kuah Semur :
Bumbu halus :
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih

Bahan :
2 cm jahe, memarkan
2 buah cabe merah, iris - iris serong
2 buah cabe hijau, iris - iris serong
3 sdm kecap manis
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk (versi Calista hanya 1/4 sdt pala bubuk)
Garam dan gula pasir secukupnya
50 ml air - 100 ml air (versi Calista pake 100 ml air)

Cara Membuat :
1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
2. Masukkan cabe merah dan cabe hijau, ratakan.
3. Masukkan kecap manis, jahe, pala bubuk, merica, gula dan garam
4. Tuang air dan masak hingga air agak menyusut. Angkat.
5. Tuang di dalam mangkuk saji atau sirami langsung pada ikan.


Dan TADAAAA !!!
Ini dia hasilnya :
Kalo ga mau ribet, si ikan bisa kok digoreng utuh tanpa difillet. Tapi jangan lupa buat guratan2 di badan ikan ya...supaya bumbu bisa meresap :-)

Catatan :
Karena digoreng tanpa bawang putih dan ketumbar, memang terasa agak hambar. Tak masalah, jika memakai bumbu penyedap. Namun bagi yang tidak suka memakai bumbu penyedap seperti halnya Calista, supaya ikan terasa lebih gurih, perbanyak saja garam dan tambahi sedikit gula pasir sebagai pengganti bumbu penyedap.

Tidak ada komentar: