Kamis, 19 Agustus 2010

Sup Buah

Terus terang nih Pembaca, sampe detik ini masih belum tahu tuh kenapa ya kok bisa dinamain Sup Buah ? Beberapa tahun lalu, waktu pertama kali jenis minuman ini diperkenalkan, sempet aneh juga denger namanya.....kok ada buah dibikin sup ? Hehe..apa mungkin penamaan Sup Buah juga dalam rangka trik dagang ya, supaya bikin penasaran Pembeli ???? Seperti juga Calista nih, waktu pertama kali minuman ini keluar beberapa tahun lalu, langsung deh penasaran pingin ikutan beli hhehe...Sebenarnya rada kuatir juga waktu lihat gerobak si Abang yang banyak dikerubungin 'penggemar' alias aneka serangga beterbangan. hiiiii.....tapi toh akhirnya tetep beli juga gara2 penasaran...hehehe... Alhamdulillah untungnya waktu itu gak kenapa2... **phiuuuuuuuuh**

Waktu pertama beli di Semarang, kalo ga salah sekitar tahun 2006 - 2007, segelas sup buah dibanderol seharga Rp 5.000 saja. Harga terkini di Jakarta (info terbaru hasil investigasi si Mba), segelas sup buah dibanderol Rp 7.000.
Setelah dapet resepnya...hmmm, mending bikin sendiri aja kali ya ? Lebih murah, bebas lalat, insya Allah juga lebih bersih dan sehat........

Terinspirasi waktu lihat resep Sup Buah Istimewa di tabloid Bintang edisi 1003/tahun xx minggu pertama / agustus 2010. Nah, tapi untuk sirup gulanya Calista coba - coba modifikasi pake resep sirup gula Es Kelapa Campur (masih dari tabloid yang sama). Sebenarnya sih hampir sama yakni terdiri dari rebusan air, gula pasir, daun pandan cuma ditambah lagi dengan serai dan daun jeruk. Ternyata eh ternyata, hasilnya jadi tambah suegerrrrr ! Maknyusss untuk buka puasa :)

Cobain deh......

Buahnya bisa macam2, ga perlu harus sama dengan yang ada di resep ini ya ......


SUP BUAH
Bahan :
1 buah Apel Fuji, cuci bersih, kupas, potong - potong dadu
1 buah pir hijau, cuci bersih, kupas, potong - potong dadu
1 buah naga, kupas, potong - potong dadu
1 buah blewah, keruk memanjang
1/2 buah melon, cetak bulat
100 gr anggur merah, cuci bersih, belah menjadi 4
200 gr susu kental manis putih
es batu secukupnya

Sirup Gula :
700 ml air
200 gr gula pasir
3 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun pandan

Cara Membuat :

  • Sirup Gula : Campur semua bahan, masak hingga gula larut. Angkat lalu saring, dinginkan.
  • Masukkan aneka buah ke dalam mangkuk. Tuangi dengan sirup gula dan susu kental manis. Aduk rata. Bila kurang manis, bisa ditambah susu kental manis lagi.
  • Tuang ke dalam gelas saji, tambahkan es batu. Sajikan.

Tidak ada komentar: