Foods

Jumat, 06 Agustus 2010

Udang Goreng Mentega

Resepnya Calista dapat dari intip - intip blognya Mba Ricke di http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/. Berhubung rasanya udah pas dengan selera lidah Calista dan Keluarga, jadi Calista cuman sedikit memodifikasinya dengan menambahkan sedikit air (kira-kira 50 ml air) pada masakan.

Yuk deh kita kemon..... :) hehe...

UDANG GORENG MENTEGA
Bahan :
250 gr udang, cuci bersih, kupas kulitnya, biarkan utuh kepala dan ekornya. Kerat punggungnya, buang kotorannya.
1/2 buah jeruk nipis
1/4 sdt garam (sesuai selera)
1/4 sdt merica bubuk (sesuai selera)
Minyak untuk menggoreng udang
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
3 sdm margarin
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap inggris
1 sdm kecap manis
1/4 kaldu bubuk (optional aja, boleh pake, boleh enggak. Kalo Calista sih lebih suka pake gula pasir)
50 ml air (versi asli sih ga pake)

Cara Membuat :
1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis, beri garam dan merica bubuk. Aduk rata. Diamkan 15 menit agar bumbu meresap.
2. Panaskan minyak goreng. Goreng udang hinga matang dan berubah warna. Angkat. Tiriskan.
3. Panaskan margarin. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay. Aduk sebentar.
4. Masukkan udang. Tambahkan saus tiram, kecap Inggris, kecap manis dan kaldu bubuk. Tambahkan pula dengan sedikit air.  Aduk rata sampai udang terbalur bumbu. Tes rasa. Angkat dan sajikan deh :)


Tidak ada komentar: