Senin, 02 Agustus 2010

Steik Burger Saus Jamur

Menu kali ini adalah request dari Ayahanda Calista.
Sebenarnya di kulkas ada persediaan daging has dalam. Dari beberapa opsi menu yang ditawarkan ke Papa, akhirnya Papa memilih : "Steik Burger Saus Jamur", dengan alasan : daging has dalam diubah bentuk dulu jadi daging cincang, so pasti empuk ! hehehe...... maklum gigi Papa kan gigi sepuh (gigi tua.com)...hehe

Untuk memenuhi pesanan Papa tercinta, Calista meminta tolong si Mbak deh tuk nitip gilingin daging di tukang daging di pasar (maklum ga punya alat penggilingnya sih...hihi). Dengan Rp 5.000 untuk ongkos penggilingan, daging has dalam itu berubahlah jadi gilingan2 daging yang dijamin empuuuuk..

Oya, tuk resep steik burger, Calista dapat dari http://bufery.wordpress.com/2008/06/04/hamburger-steak/, tapi mohon maaf untuk sausnya yaitu saus jamur, Calista lupa asal sumbernya. Pokoknya sih dari si Mbah Google, tapiiiiiii..... lupa yang mana! hehe.....

Hayuuk kita masak :)

STEIK BURGER SAUS JAMUR

Bahan Steik Burger :
200 gr daging giling
60 gr tepung panir halus
1 butir telur
1/2 buah bawang bombay, cincang halus, tumis sebentar
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Bahan Olesan : (Aduk rata)
2 sdm margarin, lelehkan
1 sdm saus tomat
1 sdt kecap manis

Cara Membuat Steik Burger :
Aduk rata bahan steik burger, bentuk bulat pipih.
Panggang sambil dioles dengan bahan olesan hingga matang

Pelengkap :
1 buah wortel, potong 10 cm, bagi 4, rebus
15 buah buncis, potong 10 cm, rebus
Kentang goreng
Daun Selada

Bahan Saus Jamur :
2 sdm margarin
10 buah jamur kancing, cuci bersih, rebus hingga matang, iris halus.
3 sdt tepung terigu
500 ml air
1/2 sdt kaldu sapi bubuk
4 sdm saus tomat
1/4 sdt garam (sesuai selera)
1/4 sdt merica bubuk (sesuai selera)
1/4 sdt gula pasir (sesuai selera)

Cara Membuat Saus Jamur :
1. Panaskan margarin.
2. Tumis jamur hingga harum. Tambahkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit (jangan sekaligus ya...), aduk terus hingga licin. Bubuhi kaldu sapi bubuk, saus tomat, garam, merica, dan gula pasir. Masak hingga matang. Tes rasa. Angkat. Siram di atas steik burger.


(Berhubung daging cincang Calista ada 500 gr, jadi Calista pake kira-kira 2x resep ini)

Tips :
Supaya didapat bentuk burger yang seragam, setelah daging cincang berbentuk adonan (telah tercampur dengan bumbu2), ambil dan timbang dengan berat 100 gr masing2 (atau sesuai selera). Setelah daging ditimbang dan dibulatkan, lalu pipihkan dan cetak menggunakan tutup gelas.


hmm...saos jamurnya nyam nyaaaaam ...sluurrrrp !



Komentar Papa sebagai food criticnya Calista : "Bentuk burger udah bagus, padat dan enggak hancur tapi dagingnya kurang berasa, mungkin terlalu banyak ya tepungnya"

Emang deh, Papa Calista tuh cocok banget jadi kritikus masakannya Calista. Papa pasti selalu jujur, akan bilang enak kalo emang enak, sebaliknya kalo enggak enak pasti Papa juga akan bilang enggak enak ..... (yang terakhir kadang suka bikin bete, bete karena penasaran : kenapa kok bisa gagal? hehehe...)

Tiap kali masakan siap disajikan, dag dig dug deh nungguin Papa menyuapkan sendok pertamanya, dag dig dug aja sama komentarnya. Masak itu kan memang capek juga ya? Tapiiii, kalo udah denger kata2 si Papa bilang : "hmmm enak !" wuaahhhh, hilang deh rasa capek itu........ seneeeeeng banget rasanya kalo bisa menyenangkan hati orang tua (keluarga) kita ya dalam hal ini lewat masakan ;)) Apalagi kalo liat Papa, Mama, atau Kakak Calista makan sampe berkali - kali....wuiiiihhhhh biar capeknya kayak apa, tapi Calista mau deh disuruh masak makanan itu berpuluh - puluh kali juga *hehe...lebay*

Hehehe.....ngemeng2.... Calista jadi penasaran deh pingin coba resep lain dengan perbandingan tepung panir 50 gr untuk 500 gr daging cincang....kapan2 yah kita coba?

Tidak ada komentar: